MENGENAL SEJARAH SINGKAT TOKOH - TOKOH PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI DUNIA

SEJARAH SINGKAT 12 TOKOH PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI DUNIA

(DARI TOKOH KLASIK HINGGA TOKOH MODERN)

 (BAG. 1)

Sejarah Islam membuktikan bahwa ada sekian banyak cendekiawan muslim dan pakar ilmu islam yang memberikan sumbangsih pemikiran dan pembaharuan pada dunia ini. Semuanya hanya untuk kepentingan agama dan kejayaan islam. Mereka mengabdikan seluruh jiwa raganya hanya untuk ilmu, bangsa dan umat zaman ini. Maka patut kita syukuri beliau ada di dunia ini hanya untuk membasmi semua kebodohan dan menebarkan kecerdasan dan kebahagiaan.

Ada 12 tokoh – tokoh pembaharuan pendidikan islam di dunia menurut penulis, berikut kutipan dibawah ini:


A.   Al-Ghazali

Nama lengkap beliau adalah al-Ghazali, beliau adalah Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad al-Ghazali. Beliau lahir pada tahun 450 H bertepatan dengan 1059 M. Yach kota kecil kelahiran al – Ghazali itu adalah Gazaleh yang terletak di Thus Khurazan.

Masa kecil Al-Ghazali, beliau semangat dalam belajar fiqih kepada Ahmad Ibn Muhammad al-Radzakani dan hijrah ke jurjan, Baghdad, dan kota keilmuan lainnya untuk berguru kepada Imam Abu Nushr al-Ismail dan ulama’ lainnya. Hingga beliau dewasa beliau sudah mempu menguasai berbagai macam bidang ilmu agama diantaranya fiqih, ushul fiqih dan mantik serta tasawwuf. Beliau juga sempat belajar filsafat dan baik klasik ataupun filsafat yunani.

al-Ghazali

Beliau pernah berpandangan bahwa ada 2 kurikulum mengenai ilmu pengetahuan. Beliau membagi ilmu pengetahuan kepada beberapa sudut pandang: Berdasarkan pembidangan ilmu, Berdasarkan pembidangan objek, dan Berdasarkan pembidangan hukum

Pada akhirnya beliau al-Ghazali kembali Naishabur dan mengajar disana hingga wafat. Beliau menghembuskan nafas terakhir di Tabristan wilayah Provinsi Tush tanggal 14 Jumadil Akhir 505 H.


B.   Ibnu Khaldun

Nama lengkap beliau adalah Abdullah Abd. Rahman Abu Zayd bin Muhammad bin Khaldun. Beliau dilahirkan di Tunisia bertepatan di bulan Ramadhan 732 H. beliau dari keluarga ilmuwan dan darah biru yang mempu mengkombinasikan antara jabatan ilmiah dan pemerintahan.

Ibnu Khaldun mengawali pendidikannya dengan belajar al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Sastra dan Ilmu Alat (nahwu wa Sharraf).

Ibnu Sina

Pemikiran ibnu khaldun yang terkenal tentang pendidikan islam adalah tentang tujuan pendidikan yang beraneka ragam dan bersifat menyeluruh, yakni: Tujuan peningkatan pemikiran, Tujuan peningkatan kemasyarakatan, dan Tujuan pendidikan dari segi ke rohanian

Tahun 1406 beliau wafat di Mesir dalam usia 74 tahun, dengan demikian pemikiran beliau masih dirasakan dan dikembangkan sampai sekarang oleh generasi ke generasi.


C.   Ibnu Sina

Beliau dilahirkan di Persia pda bulan Safar Tahun 980 M, dengan Nama langkap Abu Ali Husain Ibn Abdullah Ibn Hasan Ibn Ali Ibn Sina. Ibnu Sina muda dalam usia 18 tahun sudah mampu mengusai al-Qur’an, Tafsir, Liguistik, Pendidikan, Sastra, Kedokteran, dan Psikologi.

Ibnu Sina

Sebagai seorang ilmuwan, beliau telah mampu menyumbangkan berbagai karya ilmiah berupa buku karangan sebanyak 270 lebih. Diantaranya buku yang best seller dan fenomenal adalah As-Syifa.

Ada 4 pandangan pendidikan menurut Beliau, yang sudah dimodifikasi oleh penulis yakni: Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Proses Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran.

 

D.   Al-Tahthawi

Rif’ah  Badhawi Rafi’ al Tahthawi dilahirkan di Tanta pada tahun 1801 H. Beliau seorang ahli dibidang Penterjemahan. Beliau juga di dimanfaatkan hanya untuk kepentingan pemerintah bahkan juga kepentingan rakyat Mesir. Selain itu beliau juga guru Bahasa Prancis dan berbagai jabatan kepala sekolah serta pimpinan badan penterjemah Undang – Undang Perancis.

Al-Tahthawi

Pemikiran beliau tentang pendidikan adalah tentang tujuan pendidikan yakni sebagai pembentukan kepribadian, bukan hanya kecerdasan. Beliau juga menambahkan bahwa pendidikan juga berupaya menanamkan rasa patriotism (hub al-Wathan). Selain itu ada banyak lagi pemikiran al-Tahthawi, termasuk struktur pendidikan yang katanya ada 3 yakni Pendidikan Permulaan, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Akhir.

Walaupun semua pemikirannya belum terwujud, namun sebagian pemikirannya mampu memberikan konstribusi dan kebaikan bagi pembelajaran dan pendidikan Islam di Dunia.

 

E.   Muhammad Abduh

Beliau dilahirkan di Mesir pada tahun 1819 sakitar tahun 1862. Muhammad Abduh kecil memantapkan hatinya untuk belajar agama di Masjid Syekh Ahmad di Thanta. Hingga menginjak dewasa di lulus di Universitas al Azhar pada tahun 1877.

Ide – ide beliau dalam melontarkan pembaharuan terlihat jelas pengaruh dari guru beliau yakni Jamaluddin al-Afgani. Dengan ide – Ide yang brilliant beliau acap kali beliau harus berhadapan dengan berbagai fitnah dan akibatnya beliau harus di hokum di dalam penjara.

Muhammad Abduh

Di madrasah – madrasah dibawah naungan al Azhar beliau mengajarkan ilmu – ilmu mantiq, falsafah, dan tauhid. Sebagai seorang ahli Modernis ide beliau menurut al bahiy meliputi Politik dan kebangsaan, Sosial kemasyarakatan, pendidikan serta akidah dan keyakinan tapi ide beliau sendiri lebih banyak dn concern ke bidang pendidikan.

Hingga Pada tahun 1899 beliau mendapat jabatan sebagai mufti di Mesir hingga akhir nafas beliau. Walaupun sudah tiada, tapi beliau akan selalu dikenang dengan ide – ide pemikiran beliau yang sangat berharga, cemerlang dan mempu merubah kondisi masyarakat mesir di masa yang akan datang.

 

F.    Ahmad Surkati

Beliau mempunyai nama lengkap Ahmad Ibn Muhammad Surkati al Kharraj al Anshari. Beliau dilahirkan di Afdu Donggala Sudan dari Keluarga yang taat beragama.

Syeikh Ahmad Surkati kecil telah didik oleh ayahnya dengan pelajaran agama, membaca dan menulis al-Qur’an sekaligus menghafalnya hingga beliau ahli dan terkenal sebab menghafal al-Qur’an tersebut di Sudan.

Dalam perjalanannya menuntut ilmu, beliau mampu memperlihatkan prestasi yang sangat gemilang hingga tahun 1906 beliau memperoleh ijazah tertinggi guru agama (al – allamah) di Istanbul Turki. Beliau juga sempat dating ke Indonesia untuk mengembangkan ilmu dan mensosialisasi pemikirannya.

Ahmad Surkati

Menurut Beliau, Eksistensi pendidik dalam pendidikan adalah sangat penting dan urgen, oleh sebab itu, pendidik haruslah orang yang mempunyai ilmu yang tinggi dan akhlakul karimah. Bagi beliau pengajaran adalah segala - galanya dan merupakan kunci kemajuan dan upaya memodernisasi tradisi masyarakat menjadi baik, dan berkembang.

Bangsa yang melalaikan urusan pengajaran menyebabkan generasi mudanya terjerumus ke lembah kehinaan, kebodohan, tertinggal, tertindas, penuh konflik kemudian tertimpa kemusnahan dan kehancuran.

 

 

Komentar